Saturday, January 23, 2010

Distribusi Ubuntu Linux

Distribusi Linux atau yang sering dikenal dengan distro merupakan perusahaan, lembaga, organisasi, atau perorangan yang mengemas sistem operasi GNU/Linux kemudian mendistribusikannya kepada masyarakat. Berdasarkan data DistroWatch.com, sampai saat ini sudah ada sekitar 650 distribusi Linux di seluruh dunia dan sejak tahun 2005 Ubuntu selalu menempati posisi pertama sebagai distribusi Linux yang paling banyak digunakan.


Ubuntu dikembangkan secara terbuka oleh komunitas yang terdiri dari para pengembang di seluruh dunia. Proyek pengembangan Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd. yang dimiliki oleh Mark Shuttleworth, seorang pengusaha asal Afrika Selatan. Istilah ubuntu berasal dari bahasa Afrika yang berarti “kemanusiaan untuk orang lain”.

Ubuntu dirilis gratis termasuk pemutakhiran keamanan dan paket-paketnya. Dukungan teknis komersil penggunaan Ubuntu tersedia dari Canonical dan ratusan perusahaan lain di seluruh dunia. Aplikasi-aplikasi inti Ubuntu merupakan perangkat lunak bebas dan terbuka yang awalnya berasal dari distribusi Debian. Sampai saat ini, versi terbaru Ubuntu adalah 9.10 yang dirilis pada 29 Oktober 2009 dengan nama kode rilis karmic koala.

Edisi rilis Ubuntu terdiri dari :
-Ubuntu Desktop, ditujukan untuk desktop, laptop atau notebook, menggunakan lingkungan desktop GNOME.
-Ubuntu Server, ditujukan untuk server.
-Ubuntu Notebook Remix, ditujukan untuk netbook. (saya menggunakan ini)

Beberapa distribusi turunan Ubuntu yang resmi dan diakui adalah
-Kubuntu, menggunakan lingkungan desktop KDE.
-Xubuntu, menggunakan lingkungan desktop XFCE.
-Edubuntu, ditujukan untuk sekolah.
-Ubuntu Studio, ditujukan untuk pembuatan dan pengeditan multimedia.
-Gobuntu, ditujukan untuk pengguna perangkat lunak bebas saja.
-Mythbuntu, ditujukan untuk pembuatan teater rumah dengan MythTV.

No comments:

Post a Comment